Beranda > Berita Terkini > Profil TADANARI LEE, Pencetak Gol Emas Jepang di Final Piala Asia 2011

Profil TADANARI LEE, Pencetak Gol Emas Jepang di Final Piala Asia 2011


Pasukan Samurai Biru, Jepang,  berhasil memboyong Piala Asia atau  AFC Cup Qatar 2011 setelah mengalahkan Australia 1-0. Tendangan voli dari pemain pengganti   Tadanari  Lee, berhasil menghentikan ambisi Australia untuk meraih Piala Asia itu. Lee segera menyambar bola dengan kaki kirinya setelah mendapat umpan dari Yuto Nagatomo di sayap kanan pertahanan Australia. Gol ini terjadi dalam babak ke-2 perpanjangan waktu setelah dalam 2 x 45 menit skor imbang  0-0.

Jepang menjadi juara Piala Asia yang ke 4 kali yakni tahun 1992, 2000, 2004 dan 2011. Dengan demikian Jepang merupakan negara yang paling sering menjuarai turnamen ini. Tapi, siapa sebenarnya Tadanari Lee ?

Tadanari Lee yang mencetak gol kemenangan pada menit ke 109 ini sebelumnya adalah warga Korea Selatan dengan nama Korea Lee Chung-Shung. Dia resmi menjadi warga negara Jepang sejak tahun 2007. Padahal tahun 2004 ia masih mengikuti pelatihan dalam squad Usia 20 di Korea selatan. Perjuangan Lee bermain untuk Jepang ternyata tidak sia-sia, dia adalah pahlawan bagi Jepang untuk memboyong Piala Asia Qatar 2011.

Profil pemain 25 tahun ini memang cukup unik. Lee aslinya adalah pemain berdarah Korea Selatan yang memiliki nama asli Lee Chung-Sung. Lee terlahir dari kelurga Zainichi, atau orang Korea yang bermukim di Jepang. Pada 2004, Lee sempat dipanggil untuk membela timnas Korea Selatan U-19, namun akhirnya memutuskan untuk meninggalkan skuad setelah terus diejek tidak pantas membela timnas Korea karena dianggap ‘setengah Jepang’ oleh rekan setimnya.

Lee akhirnya kembali ke Jepang dan diminta Federasi Sepakbola Jepang (JFA) untuk membela timnas Jepang. Pada 2007, Lee mendapat kewarganegaraan Jepang dan melepas statusnya sebagai warga negara Korea.

Sukses Lee bersama klubnya, Sanfrecce Hiroshima, membuat pelatih Alberto Zaccheroni kepincut membawa striker 25 tahun ini ke Piala Asia 2011.

Meski berpindah kewarganegaraan, Lee tidak melupakan darah Koreanya. Terbukti jika membela Sanfrecce di Liga Jepang (J-League), Lee selalu menggunakan nama Lee Chung-Sung di seragamnya.
Lee sangat mengagumi kapten timnas Korea Park Ji-Sung dan mengikuti jejaknya bermain di Eropa. Saat ini Lee sedang menjalin kisah asmara bersama penyanyi Ayumi Lee.

 

Recent Posts :

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: