Beranda > Kesehatan > Pengobatan Darurat Sakit Gigi Sebelum ke Dokter Gigi

Pengobatan Darurat Sakit Gigi Sebelum ke Dokter Gigi


sakit gigiSakit gigi adalah keluhan yang paling tidak disukai dan bisa membuat orang emosi. Cara terbaik mengatasi sakit gigi adalah memperbaiki gigi yang bermasalah dengan datang ke dokter gigi. Tapi ada beberapa cara alami yang bisa digunakan sebelum Anda ke dokter gigi.

Sakit gigi yang timbul bisa diakibatkan oleh gigi berlubang, tumbuh gigi ditempat yang tidak seharusnya serta adanya infeksi pada gusi atau gigi. Kondisi-kondisi ini hanya bisa dilakukan ahlinya yakni dokter gigi, karena kondisi itu harus diperbaiki seperti semula.

Obat-obatan pengurang sakit hanya bersifat darurat yang hanya mengatasi rasa sakit sementara, tapi jika tidak ditangani tuntas serangan sakit gigi bisa muncul lagi.

Beberapa cara dan bahan alami diketahui bisa mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di gigi sebelum Anda sempat ke dokter gigi, seperti dilansir Livestrong, Sabtu (12/2/2011) yaitu:

Bawang putih
Berdasarkan buku ‘Jude’s Herbal Home Remedies‘ karangan Jude C Todd diketahui bahwa bawang putih bisa mengobati sakit gigi atau pun gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik.

Caranya ambil satu siung bawang putih dan meletakkannya pada gigi yang sakit. Lakukan selama 5 menit, lalu keluarkan bawang putih dan cuci mulut dengan air hangat.

Teh
Dalam buku ‘Prescriptions for Herbal Healing‘ karangan Phyllis A Balch menuturkan bahwa teh bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Teh hangat bisa membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit, sedangkan kantong teh hangat bisa ditempatkan digusi gigi yang sakit untuk membantu menghentikan peradangan. Tapi sebaiknya tidak menggunakan gula dalam membuat teh hangat.

Es Batu
Menggunakan es batu diketahui bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak pada gigi dan gusi. Caranya letakkan es batu dalam kantong atau kain ke daerah yang sakit dan biarkan selama 5-10 menit lalu lepaskan. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari, tapi jika kondisinya tidak membaik, segera hubungi dokter.

Minyak cengkih
Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Dentistry pada tahun 2006 menemukan bahwa minyak cengkeh bisa meredakan sakit gigi.

Caranya ambil 2-3 tetes minyak cengkeh ke kapas lalu gosokkan ke gigi yang sakit. Jika menggunakan cengkeh sebaiknya dibasahi dengan air liur terlebih dahulu sebelum diletakkan ke gigi yang sakit.

Cabai rawit
Cabai rawit mengandung senyawa capsaicin yang bisa berfungsi meringankan rasa sakit. Caranya larutkan cabai rawit ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi yang sakit.

sumber

Recent Posts :

  1. Februari 12, 2011 pukul 3:50 am

    kalau es bisa tambah parah bos. Karna aq jg pernah coba pake es. http://arieftewe.mywapblog.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: