Beranda > Kesehatan > Makan Apa Agar Jantung Tetap Sehat?

Makan Apa Agar Jantung Tetap Sehat?


Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di Amerika. Di Indonesia, penyakit ini termasuk pembunuh terbesar kedua setelah kanker. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tidak terkena jantung koroner dan salah satu yang terpenting adalah menghindari beberapa  jenis makanan yang mengandung unsur berikut ini :

1. Lemak atau kolesterol tinggi

Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Selain itu, apapun jenis makanan yang digoreng banyak mengandung lemak, sebaiknya makanan diolah dengan cara direbus, dipanggang atau dikukus. Kalau toh ingin digoreng, maka menggunakan minyak zaitun adalah pilihan terbaik karena mengandung lemak yang rendah.

Jika ingin mengkonsumsi susu,keju dan metega, sebaiknya memilih yang rendah kandungan lemaknya.

2. Gula dan karbohidrat

Selain menghindari makanan berlemak, hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink. Jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohirat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

***

Beberapa jenis makanan yang dianjurkan adalah sebagi berikut :

1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.

Buah berry dan chery memiliki sejenis zat yang bisa mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan pembekuan atau penyumbatan pembuluh darah. Kalau Anda sulit mendapatkan buah berry (misalnya strawberry atau blueberry) atau buah chery, maka simpan dalam jumlah yang banyak jika tidak musim. Agar tidak bosan, campurkan dalam bubur gandum atau oatmeal, atau gunakan perasan sarinya. Buah berry juga baik untuk memperbaiki detak jantung Anda.

2.Bawang putih.

Sejumlah penelitian telah membuktikan beberapa manfaat dari bumbu masak ini. Konsumsi teratur bawang putih bisa menurunkan penyakit darah tinggi, mencegah penggumpalan darah (penyebab stroke), mencegah kenaikan gula darah dan kadar kolesterol. Bawang putih juga dikenal mampu menurunkan atau menetralisasi pengaruh buruk dari garam.

3. Beras merah.

Beras merah merupakan sumber magnesium. Mineral ini (magnesium) bisa memperlancar aliran pembuluh darah. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan penyakit hipertensi, serangan jantung, dan gangguan irama jantung. Nasi merah tidak perlu dimasak terlalu lama. Hidangkan bersama sayuran yang dipanggang, dan ayam panggang.

4. Ikan salmon.

Gantikan burger penuh lemak favorit Anda dengan potongan ikan salmon.  Omega-3 yang terdapat di dalam daging salmon bisa mencegah debaran jantung yang terlalu cepat, mencegah atau menurunkan tingkat pelebaran pembuluh darah arteri, menambah jumlah lemak baik dalam tubuh, dan mencegah kolesterol terpecah dan menjadi sumbatan di arteri.

5. Minuman cokelat.

Hobi minum kopi? Coba gantikan dengan segelas cokelat hangat. Cokelat hangat kaya dengan antioksidan. Bahkan jumlahnya bisa lebih banyak 3 kali lipat dari teh hijau.

(berbagai sumber)

Recent Posts :

Iklan
  1. Februari 11, 2011 pukul 5:42 am

    trus di update biar britanya baru trus bos…….

  2. Maret 4, 2011 pukul 6:43 am

    Wah, berguna bangeeet…. ini tulisan. Makasih banyak ya….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: