Beranda > Kesehatan > Cara Terbaik Hadapi Stres : Tidur Saja…

Cara Terbaik Hadapi Stres : Tidur Saja…


Tak salah anjuran orang tua dahulu, untuk mengalihkan pikiran saat hati gulana, yah…. tidur saja. Penelitian terbaru membuktikan,  tidur saat diamuk prahara mampu membantu otak mencari jalan keluar keesokan harinya.

“Lupakan saja untuk sementara dan Anda akan datang dengan jawaban yang benar,” saran Psikolog Maarten Bos, pakar kejiwaan Radboud University yang memimpin penelitian.

Penelitian menunjukkan bahwa cara terbaik untuk memecahkan suatu masalah yang rumit adalah untuk tidak berpikir tentang hal itu. “Mengalihkan selama beberapa menit dengan sesuatu yang lain atau tidur semalaman membantu otak untuk menemukan solusi yang ideal,” katanya.

Dii saat otak buntu, memforsir diri dan terus berjuang mencari jawaban bagi pertanyaan yang sulit lebih mungkin untuk mendapatkan jawaban yang salah. Sebaliknya, merilekskan pikiran membuat seseorang akan lebih gampang menemukan jalan keluar, lanjut Bos.

Beberapa kelompok mahasiswa dilibatkan dalam penelitian itu, mereka diminta untuk membuat beragam pilihan. Satu kelompok diminta untuk membuat pilihan instan, sedang kelompok lain diminta untuk beristirahat sejenak sebelum membuat keputusan mereka.

Relawan di kelompok kedua lebih mungkin untuk memilih pilihan terbaik, demikian hasil penelitian menunjukkan. Para ahli percaya ini karena pikiran bawah sadar mereka diberi waktu untuk mempertimbangkan semua pro dan kontra.

“Berpikir secara leluasa mampu menghasilkan keputusan yang lebih baik daripada ketika orang memutuskan segera,” ujarnya. Meski responden dalam penelitiannya tidak benar-benar tidur sebelum memutuskan, “Namun mereka mempunyai waktu yang cukup untuk membuat otak mereka rileks.”

Pikiran yang rileks, katanya, memungkinkan kita untuk membedakan antara aspek-aspek penting dan tidak relevan. “Ketika Anda tidur dulu sebelum memberikan keputusan, maka secara intuitif kita akan merasakan manfaat membiarkannya istirahat untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang prioritas kita,” ujarnya.

Studi ini akan dipublikasikan dalam edisi mendatang Journal of Consumer Psychology.

(sehat/ZM/republika)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: