Beranda > Kesehatan > 10 Fakta Unik Tentang Pilek

10 Fakta Unik Tentang Pilek


1. Pilek membutuhkan waktu sekitar 48 jam untuk menginfeksi dan membuat Anda sakit.
Jika hidung meler, tenggorokan gatal, pikirkan kembali 48 jam ke belakang. Kemungkinannya virus pilek sudah memasuki tubuh Anda. Para ahli mengatakan virus pilek membutuhkan waktu sekitar dua hari untuk menanamkan ke dalam lapisan sel-sel dan menghasilkan gejala. Kadang pilek dan flu susah dibedakan. Ron Eccles, BSc, PhD, DSC, Direktur Common Cold Centre di Universitas Cardiff di Inggris menyatakan virus pilek biasanya tak menyebabkan demam pada orang dewasa. Sedangkan demam dan batuk adalah tanda utama influenza.

2. Senjata terbaik melawan pilek adalah olah raga.
Bukan obat ataupun suplemen vitamin, tapi olah raga. Peneliti Appalachian State University telah mempelajari bagaimana sistem kekebalan tubuh dan virus dipengaruhi oleh olah raga. Para peneliti mengatakan jika ingin benar-benar menangkal flu musim dingin ini, cara terbaik adalah 30 menit berjalan kaki cepat 5 kali per minggu. “Latihan ringan ini baik karena memindahkan darah ke seluruh tubuh dan juga menggerakkan sel darah putih untuk mencari infeksi,” kata Dr Eccles.

3. Kurang tidur salah satu penyebabnya
Berapa banyak yang tidur Anda semalam? ”Kalau kurang dari tujuh jam, Anda tiga kali lebih mungkin untuk pilek,” kata peneliti di Carnegie Mellon University. Gunakan waktu tidur dengan efisien. Peserta studi yang menghabiskan kurang dari 92 persen waktu tidur mereka setidaknya lima kali lebih besar kemungkinan terkena pilek.

4. Jus jeruk tak menangkal pilek
Lebih dari 30 studi yang dilakukan oleh para peneliti di Australian National University dan University of Helsinki mengatakan bahwa untuk sebagian besar orang, vitamin C tidak mencegah atau menyembuhkan gejala flu.

5. Bunga Echinacea bisa membantu melawan virus pilek
Tumbuhan dengan bunga warna ungu ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga bisa melawan virus flu dan pilek. Peneliti dari Universitas Connecticut mempelajari lebih dari 1.600 orang yang menggunakan bunga ini. Mereka melaporkan, Echinacea bisa mengurangi kemungkinan terkena pilek hingga 50 persen dan mengurangi durasi sakit pilek sekitar 1,4 hari.

6. Virus pilek bisa membuat gemuk
Peneliti di Rady Children’s Hospital di San Diego menemukan anak-anak yang telah terinfeksi oleh 36 adenovirus, virus flu biasa yang menyebabkan gejala pilek kadang-kadang juga terkena masalah pencernaan. Berat badan mereka 50 pon lebih berat dari anak-anak yang belum terinfeksi virus ini. Namun virus ini bukan penyebab utama masalah berat badan .

7. Minuman panas dapat membantu menghilangkan gejala virus pilek
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi terbaru dari Rhinology jurnal, peneliti di Inggris mengatakan menyeruput minuman panas dapat memberikan bantuan langsung dan berkelanjutan dari gejala terburuk dari flu, seperti batuk, bersin, pilek, sakit tenggorokan dan kelelahan.

8. Bahan dalam ASI dapat mengobati pilek
Ternyata bahan dalam air susu ibu yang bisa mengobati pilek. Bahan itu adalah monolaurin, turunan dari asam laurat. ”Ini asam lemak yang ditemukan secara alami dalam ASI,” jelas Tom Bayne, DC, praktisi dengan ChicagoHealers.com. Monolaurin juga diketahui bisa mengurangi gejala flu dan kelelahan.

9. Rata-rata orang mendapat 200 pilek seumur hidupnya.
Dengan perkiraan usia mencapai 75 tahun, Anda mungkin menderita melalui 200 pilek. Dengan rata rata pertahun terserang dua kali. Sementara anak-anak biasanya mendapatkan antara empat dan delapan kali pilek per tahun.

10. Pilek tidak menular
Kebanyakan orang berpikir karena jabat tangan dengan orang sakit akan membuat mereka terserang flu dan pilek. Penelitian terbaru oleh Pusat Common Cold Universitas Cardiff menemukan bahwa ketika orang sehat dimasukkan ke dalam sebuah ruangan dengan penderita flu dan pilek, si sakit sulit untuk menyebarkan infeksi dari satu orang ke orang lain. Bahkan, virus pilek harus memiliki kondisi ideal untuk menginfeksi tubuh. “Pilek sangat tidak menular, dan pilek sebagian besar menular dari kontak berkepanjangan dan dekat,” kata Dr Eccles.

nur rochmi | yahoo health

Recent Posts :

10 Jalan paling unik dan mengagumkan di dunia

Posted by admin on Sep 23, 2010 | 1 Comment

Do you want to share?

//

Do you like this story?

1. Steepest Street, New Zealand

Klaim:Merupakan jalan paling curam di dunia.

2. Savoy Court, Inggris

Klaim:Satu-satunya jalan di Inggris yang mewajibkan pengendara berjalan di sebelah kanan. Seperti kita ketahui bahwasanya orang-orang di Inggris selalu berjalan di sebelah kiri seperti kita di Indonesia (tidak seperti di Amerika dan Eropa lainnya yang biasanya berjalan di sebelah kanan), tetapi ada satu jalan di Inggris yang mewajibkan pengendara berjalan di sebelah kanan, yaitu di Savor Court ini.

3. The Magic Roundabout, England

Klaim:Bundaran paling buruk di dunia
Dibangun pada tahun 1972 dan terdiri dari 5 roundabouts kecil. Untuk membuat hal-hal yang lebih buruk, Anda harus melakukan perjalanan, anti-clockwise (kebalikan dari yang biasa pada situasi roundabouts Inggris), ketika Anda memasuki pusat bundaran kecil.

4. Lombard Street, United States

Klaim:Jalan paling berliku-liku di dunia.

5. 9 de Julio Avenue,Argentina

Klaim:Jalan paling luas di dunia
Memiliki enam Lanes di setiap arah dan spans seluruh blok kota. Terdapat satu bangunan yang duduk di Avenue tetapi ada banyak landmark terkenal di samping – seperti Kedubes Perancis yang lama, patung Don , dan yang terkenal tugu (terlihat dalam gambar di atas) dan Plaza de la República.

6. Road To Giza, Mesir

Klaim:Jalan aspal tertua di dunia
The Road to Giza adalah jalan aspal tertua di dunia. Dibangun lebih dari 4600 tahun dengan lebar 6,5 kaki. Menghubungkan ke quarries Southwest dari Kairo, ke dermaga di Danau Moeris yang terhubung ke Nil. Jalan yang digunakan untuk transportasi besar blok basal ke Giza di mana mereka digunakan untuk bangunan.

7. Parliament Street, Inggris

Klaim:Jalan Paling sempit di dunia
Inilah jalan ter sempit di dunia dengan ukuran 0,64 meter.

8. Pan-American Highway, The Americas

Klaim:Jalan terpanjang di dunia
Dengan panjang 48.000 kilometer (29.800 mil) dan melewati 15 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Peru, Argentina dan El salvador membuat jalan ini sebagai jalan terpanjang di dunia.

9. Ebenezer Place, Skotlandia

Klaim:Jalan paling pendek di dunia
Hanya berukuran 2,06 meter (6,8 kaki). Hanya ada satu rumah di jalan ini, dibangun pada 1883. Bangunan adalah hotel (Mackays) dan pemilik telah menginstruksikan melukis nama jalan di samping. Jalan ini diresmikan pada tahun 1887.

10. Gravity Hill, Various Locations

Klaim:Jalan Yang menentang hukum-hukum Fisika
Bila Anda parkir mobil Anda di kaki bukit(kadang-kadang disebut juga magnetik perbukitan atau bukit Mystery), mobil akan melaju ke atas, tidak turun. Ini adalah sebuah ilusi optik yang disebabkan oleh lingkungan sekitar. Jika anda tertarik untuk mengunjungi gravity bukit, Wikipedia memiliki daftarnya dan lokasinya di seluruh dunia.

Iklan
Kategori:Kesehatan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: