Beranda > Kesehatan > Jangan Abaikan Mata Kering

Jangan Abaikan Mata Kering


Kadang mata kita panas dan terasa kering. Gejala yang biasa ditemukan pada keadaan mata kering adalah rasa nyeri, panas, berlendir dan mudah iritasi oleh asap rokok. Gangguan pada pemakai lensa kontak dapat pula menyebabkan mata kering, sehingga penderitanya tidak mungkin memakai lensa kontak sama sekali. Produksi air mata yang berlebihan mungkin merupakan salah satu gejala mata kering. Bila produksi air mata di bawah normal, kelenjar lakrinal akan terangsang untuk memproduksi air mata karena iritasi ini.

Penyebab Mata Kering

Produksi air mata normal berkurang karena meningkatnya usia. Mata kering lebih sering ditemukan pada wanita, terutama setelah menopause, tetapi juga bisa terjadi pada usia berapapun, baik pria maupun wanita.

Mata kering dapat pula terjadi berkaitan dengan arthritis atau sakit sendi. Pasien dengan mata kering, mulut kering dan radang sendi disebut menderita Sindroma Syorgen.

Beberapa jenis obat dapat pula menjadi penyebab mata kering yang penyebab timbulnya adalah karena obat tsb dapat mengurangi sekresi air mata.

Menegakkan Diagnosa Mata Kering

Seringkali hanya dengan pemeriksaan sederhana, dokter spesialis mata dapat menegakkan diagnosa mata kering. Kadang-kadang diperlukan beberapa pemeriksaan untuk mengukur produksi air mata.

Salah satu jenis pemeriksaan yang banyak digunakan adalah pemeriksaan dengan lembar kertas filter yang dipasang di kelopak mata bagian bawah untuk mengukur produksi air mata pada berbagai kondisi.

Pengobatan
Dasar dari pengobatan mata kering adalah pemberian air mata buatan. Ada banyak merek obat tetes mata dan banyak orang mencoba berbagai macam obat sampai menemukan mana yang paling cocok untuknya. Air mata buatan boleh dipakai sesering yang diperlukan, hanya satu atau dua hari sekali, atau sampai beberapa kali dalam satu jam.

Cara lain untuk menjaga mata tetap basah adalah dengan menghemat air mata yang dihasilkan secara alami. Air mata keluar dari mata melalui saluran air mata yang terdapat di kelopak mata, lalu masuk ke hidung. Saluran ini dapat ditutup oleh dokter mata, sehingga air mata tidak pernah keluar dari mata dan mata dapat lebih lama basah. Pencegahan penguapan air mata juga dapat membantu pada musim dingin, ketika alat pemanas ruangan dihidupkan, pada radiatornya dapat dipasang pelembab atau sepanci air untuk menambah kadar uap air di udara.

Semua hal yang meningkatkan kekeringan, misalnya kamar yang terlalu panas, alat pengering rambut, angin kencang, dan semua yang menambah iritan ke udara dapat menimbulkan rasa kurang nyaman pada penderita mata kering. Salah satu hal yang paling mengganggu adalah asap rokok.

Bila ada gejala seperti setiap bangun tidur mata terasa kering dan menganjal, hal ini dapat diatasi dengan pemberian salep sebelum tidur. Salep ini akan menimbulkan penglihatan kabur sementara, karena itu orang memakainya dalam jumlah paling sedikit yang masih efektif. Salep mata yang mengandung vitamin A kini sedang diteliti sebagai obat mata kering dan hasilnya sementara ini cukup menggembirakan.

Hanya Dokter Spesialis Mata yang Kompeten Mengobati

Seseorang yang menderita mata kering mungkin hanya memerlukan obat tetes mata biasa yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Tetapi mata yang sangat kering dapat menimbulkan kerusakan serius pada mata, karena itu bila menderita mata kering sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Spesialis Mata. (detikHealth)

Iklan
Kategori:Kesehatan
  1. Februari 24, 2011 pukul 10:30 am

    klo minum banyak air bisa menambah air mata ga?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: