Beranda > Agama > Kedahsyatan Bersyukur

Kedahsyatan Bersyukur


Mari kita perhatikan dan renungkan ayat-ayat berikut ini:

“..Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur” (QS Al Baqoroh:243)

” Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.(QS Al A’raaf:10)

Dari ayat itu dijelaskan, memang kebanyakan manusia itu tidak bersyukur, padahal Alloh sudah memberikan karunia, kenikmatan dan kefadholan yang sangat banyak kepada manusia.

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.s. an-Nahl: 18)

Ada cerita tentang bagaimana seseorang memiliki sebuah trik agar selalu bisa bersyukur. Saya cukup terkesan dengan caranya yang unik, yaitu dengan cara mengantongi sebuah batu di saku celananya.
Keliatannya cara itu cukup simple dan aneh, tapi cukup bermanfaat bagi si empunya batu, ketika dia memegang batu itu, maka dia jadi teringat untuk mengucapkan kalimat syukur.

Dari cerita tentang batu reminder syukur diatas, Saya jadi ingat sebuah nasehat, bahwa kita supaya selalu mencari jalannya bersyukur.
Jalan syukur cukup banyak, ketika kita berada di perempatan jalan melihat orang yang menjadi pengemis, maka kitapun menjadi tersadar bahwa keberadaan kita lebih baik dari mereka, maka mulut dan hati kita pun mengucapkan kalimat syukur Alhamdulillah…Ya Alloh, engkau karuniai aku dengan nikmat rizki yang cukup dan barokah!

Waktu menengok sahabat di rumah sakit, kita bisa menyaksikan orang-orang yang sedang kehilangan nikmat sehatnya, terbaring di ranjang rumah sakit,terapi obat-obatan, belum lagi dengan biaya rumah sakit yang tinggi, tentunya mulut dan hati kitapun akan terucap kalimat Alhamdulillah..Ya Alloh, engkau beri aku nikmat sehat !

Salah satu Kedahsyatan kalimat syukur bisa kita lihat di hasil penelitian Dr. Masaru Emoto, seorang ilmuwan jepang, dimana ketika sebuah air di beri ucapan kalimat syukur, terima kasih, maka molekul airnya membentuk sebuah kristal-kristal yang indah dan mempesona..padahal tubuh manusia 75% terdiri dari air, Otak 74,5% air, Darah 82% air, Tulang yang keras pun mengandung 22% air. Betapa dahsyatnya tubuh manusia ketika setiap detiknya, menitnya dan jamnya selalu dihiasi dengan kalimat syukur Alhamdulilah…?

Bersyukur merupakan salah satu kunci utama untuk sukses. J.R.Murphy, penulis buku “Your Infinite power to be rich” mengatakan: ” seluruh proses menuju kekayaan mental, material dan spiritual dapat diringkas dalam satu kata: Syukur!

Erbe Sentanu, penulis buku “Quantum Ikhlas” mengatakan: kalau anda ingin sukses, maka bersyukurlah lebih keras!

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(QS. Ibrahim:7)

Rosululloh SAW telah memberi contoh tentang bersyukur, seperti dalam Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:

“Jika Rasulullah saw. melaksanakan salat, beliau berdiri (lama sekali) sampai kedua kaki (telapak) beliau pecah-pecah. Aisyah ra. bertanya:
Wahai Rasulullah, kenapa engkau berbuat seperti ini padahal dosamu yang terdahulu dan yang akan datang telah diampuni? Lalu beliau
menjawab: Wahai Aisyah, apakah aku tidak ingin menjadi seorang hamba yang bersyukur” (HR Muslim)

Maka marilah kita biasakan untuk selalu mensyukuri nikmat-nikmat Alloh SWT yang telah diberikan kepada kita semua.

mohon maaf jika tidak berkenan.

Iklan
Kategori:Agama
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: