Beranda > Renungan > Benarkah Kedaulatan Republik Indonesia Sudah Begitu Rapuh?

Benarkah Kedaulatan Republik Indonesia Sudah Begitu Rapuh?


Beberapa tahun terakhir bumi pertiwi selalu ditimpa dengan masalah multidimensional. Mulai dari masalah sosial, ekonomi, politik,hokum, penodaan agama, kenakalan remaja dan pornoaksi yang sedang mencuat begitu juga masalah bencana alam yang tak kunjung berhenti. Hal ini disebabkan oleh banyak factor, dan factor urgen penyebab masalah yang tak kunjung usai ini adalah pemerintah yang kurang tanggap dan peduli dalam mengatasi masalah tersebut walau pemerintah sudah berusaha dengan ‘ala kadarnya’. Dengan menumpuknya sejuta masalah yang ada dalam internal Negara, menjadikan Indonesia sangat rentan di kutak-katik oleh Negara asing yang dapat memecah belah persatuan Indonesia juga melemahkan kedaulatan Negara dalam pergaulan Internasional.

Semenjak kedaulatan Negara Indonesia di akui secara de facto dan de jure oleh berbagai Negara lain yang di awali oleh Negara mesir, Indonesia merupakan Negara yang cukup di segani  karena turut berperan aktif dalam dunia internasional terutama dalam menciptakan perdamaian internasional. Tapi itu merupakan masa lalu, kini kita melihat konteks yang sekarang. Kedaulatan RI sedikit demi sedikit mulai terkikis dan di kebiri oleh Negara asing bahkan oleh Negara tetangga sendiri. Mulai kedaulatan kultur-budaya, seni, kerajinan yang di rampas sampai dengan kedaulatan wilayah Indonesia mulai di gerogoti oleh tikus asing.

Beberapa contoh hasil karya tanah air yang di makan oleh Negara tetangga adalah masakan rendang yang menjadi hak paten Malaysia, kemudian tari poco-poco, lagu tradisional daerah, dan pulau-pulau yang menjadi bagian territorial Indonesia seperti pulau ambalat dan ligitan. Padahal Blok Ambalat masuk dalam wilayah Indonesia tahun 1980, berdasarkan deklarasi Juanda tahun 1957. Dalam deklarasi yang diterima dan ditetapkan dalam Konvensi Hukum Laut PBB. Tapi masalah timbul saat Mahkamah Internasional memutuskan Pulau Sipadan dan Ligitan milik Malaysia tahun 2002. Sejak saat itu Malaysia mengklaim sebagian Blok Ambalat yakni Blok ND 6 dan ND 7 yang kaya minyak menjadi miliknya. Bahkan tahun 2003, Malaysia memberikan konsensi ke Petronas dan Shell.

Semua itu merupakan sederet bukti bahwa kedaulatan Indonesia mulai rapuh, menipis dan butuh di pertebal agar Negara lain tidak berani bertindak macam-macam. Secara Negara kita sangat mengundang daya tarik yang luar biasa dan membuat cemburu dunia internasional akan kekayaan alamnya.maka butuh pengamanan dan pertahanan ekstra demi menjaga kedaulatan Negara agar tidak mudah di utak-atik Negara asing. Yang terpenting adalah usaha pemerintah agar bertindak dengan serius dalam mengemban amanahnya menjaga stabilitas keamanan dan pertahanan indonesia, juga tak luput setiap warga Indonesia untuk mempertebal rasa nasionalismenya dan cinta tanah air karena mencintai tanah air adalah sebagian dari iman.

Alloh sudah mentakdirkan bahwa negara kita kaya raya, kita lihat bagaimana emas, tembaga mudah di temukan di bumi mutiara hitam (papua), bagaimana uranium bisa didapatkan di bumi pertiwi papua, laut yg begitu luas yg berisikan segala macam biota laut guna memenuhi kebutuhan rakyat, bagaimana gas yg berlimpah di blok natuna dan blok2 lain, kita mempunyai SDM yang begitu banyak, kita mempunya hutan tropis sebagai penopang keseimbangan bumi ini, kita mempunyai tanah yang subur, batu bara yg melimpah, besi dimana2, bouksit gampang dengan mudah di dapatkan, timah kita punya,,terus apa yang kita tidak punya??? Alloh telah memberikan semua kepada bumi Indonesia ini..tp kenapa rakyat yg -+ 230 juta masih saja mayoritas yg kekurangan, kemiskinan dimana2, jauh dari kesejahteraan, di ibukota saja banyak sekali org2 yg miskin apalgi di daerah daerah.. wahai bpk pemimpin anda adalah pelayan kami bukan kami pelayan anda.. tolonglah di kelola kekayaan yg diberikan Alloh kepada bumi pertiwi ini.. jgn hanya segelintir org, yg kaya makin kaya dan yang miskin semakin miskin dan menderita..Pak SBY jgn takut, jadilah pemimpin yang tegas jgn takut image anda jatuh..bergabunglah dengan kami rakyat kecil pak..seperti di contohkan Baginda Rasul Muhammad SAW yg selalu bersama2 dengan kaum yang lemah..matur nuwon pak..

Wassalam

Kategori:Renungan
  1. Januari 17, 2011 pukul 2:40 pm

    tulisan menarik. semoga ada anak buah sby yang baca trus disampaikan ke sby. nasehat penting untuk presiden kita

    • Januari 18, 2011 pukul 2:16 pm

      ya mungkin ini hanyalah secuil pesan. semoga saja, semua demi menuju Indonesia yang lebih baik,🙂

  2. fenika
    Juni 2, 2011 pukul 12:53 am

    ya.,sy sangat setuju dgn tulisan anda.., sangat berbahaya klo keadaan ini dibarkan bgitu saja..
    trims buat ilmunya..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: